Tuesday, June 6, 2017

CONTOH ANALISIS ESAI



Judul Artikel    :     Pembenahan Degradasi Moral dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bangsa melalui Pendidikan Sosok
Penulis             :     Titik Yayuk Wijayanti
Bahasa             :     Indonesia

Banyak terjadi degradasi moral pada bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena norma-norma yang ada dalam masyarakat dianggap tidak telalu penting. Akibatnya,banyak terjadi kasus penyimpangan moral setiap harinya, informasi mengenai kasus tersebut banyak tersebar melalui media massa maupun media elektronik.
Hal inilah yang ingin disampaikan penulis. Ia prihatin akan kondisi masyarakat Indonesia.
            Artikel ini menjelaskan mengenai peran seorang pendidik dalam melahirkan generasi unggul. Para pendidik dituntut untuk mampu menjadi sosok teladan bagi para peserta didiknya. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Terjadi berbagai kasus degradasi moral dan sangat bertentangan dengan kode etik seorang pendidik. Hal tersebut justru menjadi pemicu timbulnya timbulnya tindakan amoral yang berakibat fatal bagi dirinya dan bagi anak didiknya.
            Kasus penyimpangan moral yang dilakukan para pendidik membuktikan bahwa begitu buruknya institusi pendidikan kita saat ini. Padahal, guru merupakan salah satu instrument utama pendidikan. Guru juga merupakan salah satu faktor penting dalam pencapaian kesuksesan para peserta didiknya.  Jika seorang guru tidak bisa menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya, maka yang terjadi adalah ketidakperayaan peserta didik kepada para pendidik.
Menjadi sosok perempuan cerdas tanpa mengabaikan ilmu agamanya disamping tekun menuntut ilmu pengetahuan. Lebih lebih jika dikaitkan dengan perannya sebagai seorang ibu ketika telah bersuami. Seorang ibu akan berhasil mencetak anak yang berkualitas bila ia memiliki totalitas pribadi yang berkualitas. Penulis juga menjelaskan guna membebaskan diri dari belenggu kebodohan dan krisis ekonomi maka perlu adanya sikap konstruktif serta optimisme. Dengan siap konstruktif, krisis ekonomi tidak dipandang sebagai momok kehidupan. Didalam penerapannya, para perempuan diharapkan mampu menghayati sifat sifat keibuan, kemudian mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari hari maka mereka akan mampu membebaskan diri dari kebodohan maupun setiap krisis yang dialaminya.
Kekurangan :
            Dalam penulisannya artikel ini terdapat kesalahan pengetikan sehingga memungkinkan bagi pembaca salah mengartikan maksud dari tujuan yang ingin disampaikan. Disamping itu dirasa kurang sempurna karena penulis tidak menjelaskan faktor faktor apa saja yang dapat menghambat seorang perempuan untuk menumbuhkan sifat sifat keibuan guna melahirkan generasi unggul.

Kelebihan       :
            Bahasa yang digunakan mudah dipahami, sehingga penjelasan yang disampaikan yang cukup sulit menjadi lebih mudah untuk dimengerti walaupun terdapat beberapa kesalahan dalam pengetikan.
Sesuai dengan judulnya, artikel ini membahas problematika perempuan dalam kaitannya melahirkan generasi unggul, mulai dari mempersiapkan diri menjadi sosok perempuan yang cerdas hingga pada penerapannya dalam kehidupan sehari hari. Bahkan penulis juga menggunakan dalil dalil Al Quran dan ajaran ajaran Islam dalam penyampaiannya.
Jadi artikel ini bukan sekedar memperliahatkan kecerdasan dan teknik penyampaian yang bagus melainkan juga sekaligus kekayaan pandangan penulis mengenai agama


0 komentar:

Post a Comment